nobita shizuka

nobita shizuka
woow

Senin, 09 Maret 2015

patagonia

Patagonia

Patagonia adalah wilayah geografis luas yang mencakup sekitar sepertiga benua Amerika Selatan bagian selatan.

Patagonia berasal dari kata ‘patagon’, istilah yang digunakan oleh Magellan untuk menggambarkan penduduk asli daerah tersebut.


Etimologi kata ini tidak diketahui pasti, meskipun mungkin merujuk pada ‘kaki besar’.

Pada tahun 1520-an, Magellan mulai mempopulerkan mitos yang bertahan selama berabad-abad, yang menyatakan bahwa Patagonia dihuni oleh raksasa.

Pada kenyataannya, “raksasa” yang dimaksud sebenarnya adalah suku Tehuelches dan suku Aonikenk, yang memiliki tinggi badan rata-rata 1,80 m, dibandingkan dengan tinggi rata-rata orang Spanyol saat itu yang hanya 1,55 m.

Mitos Patagonian tidak sepenuhnya bisa dipatahkan sampai akhir abad ke-18.

Patagonia terletak di wilayah Chili dan Argentina dan terutama terdiri dari stepa-seperti dataran luas, yang ditandai dengan semacam landskap teras dengan perbedaan tinggi ekstrim (sekitar 100 m).


Mayoritas wilayah Patagonia bersuhu dingin dan berangin. Di bagian barat Patagonia, naik ke pegunungan Andes, pohon semakin banyak dijumpai yang diiringi dengan meningkatnya populasi hewan.

Bagian selatan Patagonia umumnya dingin dan memiliki lapisan es luas. Itu sebab, dataran Patagonia dibentuk oleh puluhan ribu tahun siklus glasial.

Saat suhu turun dan bumi memasuki Zaman Es, gletser besar menutupi Patagonia, membuat kehidupan menjadi sulit. Gletser juga memicu gesekan dengan permukaan daratan.

Aksi gesekan glasial ini yang bertanggung jawab atas terbentuknya tak terhingga kerikil yang melapisi Patagonia.

Aksi gletser juga menyebabkan lanskap fjord putus-putus di selatan dan barat daya pantai Patagonia, mirip dengan landskap yang terdapat di Norwegia, Islandia, Greenland, Siberia, dan Kanada bagian utara.

Saat ini, Patagonia adalah salah satu daerah dengan penduduk paling jarang di Amerika Selatan.

Sensus tahun 2001 mencatat jumlah populasi sekitar 1.740.000 yang menghuni wilayah seluas 900.000 km2.

Ekonomi Patagonia bertumpu pada pertambangan, penangkapan ikan paus, pertanian (domba di selatan, gandum dan buah-buahan di utara), minyak, dan pariwisata.

Tujuan wisata paling populer di Patagonia adalah gletser Perito Moreno, Semenanjung Valdés, taman nasional Torres del Paine, Argentina Lake District, Ushuaia, dan Tierra del Fuego

Tidak ada komentar:

Posting Komentar