nobita shizuka

nobita shizuka
woow

Rabu, 11 Maret 2015

negara dengan penduduk terendah

Penduduk dunia saat ini telah lebih dari 7 miliar penduduk, dan 2,5 miliar di antaranya berada di Tiongkok dan India. Namun ada negara-negara di dunia ini yang hanya memiliki jumlah penduduk tidak lebih dari 60 ribu jiwa. Beberapa di antaranya adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik dan sebagian juga merupakan bagian terpisah dari negara lain.


Berikut ini adalah data jumlah penduduk dari sepuluh negara yang memiliki populasi terendah di dunia berdasarkan data dari Bank Dunia.

people resized


1. Tuvalu (9.860 jiwa)
Tuvalu (dahulu dikenal sebagai Kepulauan Ellice) merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik antara Hawaii dan Australia. Tuvalu merupakan negara terkecil keempat di dunia dengan luas wilayah hanya 26 kilometer persegi. Tetangga terdekatnya adalah Kiribati, Nauru, Samoa, dan Fiji.


2. Palau (20.754 jiwa)
Palau (kadang-kadang diucapkan sebagai Belau atau Pelew) merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik, lebih tepatnya 200 kilometer dari wilayah provinsi Papua Barat dan 500 kilometer dari Filipina. Palau memiliki luas wilayah 459 kilometer persegi dan terbagi menjadi 16 negara bagian dan memiliki 8 pulau utama serta 250 pulau kecil.


3. Saint Martin (30.959 jiwa)
Saint Martin merupakan salah satu wilayah jajahan seberang laut Perancis yang terletak di kepulauan Karibia, sebelah tenggara Bahama. Negara ini terletak di pulau Saint Martin (bahasa Belanda: Sint Maarten) yang dibagi menjadi dua bagian 60% untuk Perancis dan 40% untuk Belanda. Negara ini memiliki luas wilayah 53,2 kilometer persegi.


4. San Marino (31.247 jiwa)
San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia yang dikelilingi oleh negara Italia (atau dalam kata lain berada di dalam negara Italia). Negara ini memiliki luas wilayah 61,2 kilometer persegi.


5. Kepulauan Turks dan Caicos (32.427 jiwa)
Kepulauan Turks dan Caicos adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya yang terletak di kepulauan Karibia. Negara ini memiliki luas wilayah 430 kilometer persegi yang terdiri dari 40 pulau, dan 8 di antaranya berpenghuni.


6. Liechtenstein (36.656 jiwa)
Liechtenstein merupakan sebuah negara kepangeranan yang terletak di antara Austria di timur dan utara serta Swiss di barat dan selatan. Negara ini memiliki luas wilayah 160 kilometer persegi.


7. Monako (37.579 jiwa)
Monako merupakan negara kota yang terletak Eropa Barat berbatasan dengan Perancis dan Laut Tengah. Negara ini memiliki luas wilayah 202 kilometer persegi.


8. Sint Maarten (39.088 jiwa)
Sint Maarten merupakan salah satu dari empat negarakonstituen yang membentuk Kerajaan Belanda. Wilayahnya berada di bagian selatan pulau Saint Martin dengan luas wilayah 34 kilometer persegi, sementara wilayah utara pulau tersebut dimiliki oleh Perancis.


9. Kepulauan Faroe (49.506 jiwa)
Kepulauan Faroe adalah kepulauan yang terletak di Samudra Atlantik bagian utara. Kepulauan yang memiliki luas 1.399 kilometer persegi ini berada di antara Skotlandia dan Islandia. Kepulauan ini merupakan wilayah otonomi dari Kerajaan Denmark.


10. Kepulauan Marshall (52.555 jiwa)
Kepulauan Marshall merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Negara yang berbatasan dengan Nauru, Kiribati, Mikronesia, dan Pulau Wake ini memiliki luas wilayah 181,3 kilometer persegi



Read more: http://blog.anashir.com/2013/09/negara-dengan-populasi-terendah.html#ixzz3U2oFAjR7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar