nobita shizuka

nobita shizuka
woow

Minggu, 08 Maret 2015

balkan

Balkan

Wilayah Balkan terletak di Eropa Tenggara dan meliputi luas sekitar 700.000 km persegi.

Negara-negara yang merupakan bagian wilayah Balkan meliputi Albania, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Montenegro, Yunani, Republik Makedonia, Serbia, dan sebagian Turki.


Rumania dan Slovenia kadang-kadang dimasukkan dalam daftar, meskipun sebenarnya bukan merupakan bagian resmi dari Balkan.

Nama Balkan diambil dari pegunungan yang merentang dari Serbia hingga Laut Hitam yang memiliki nama sama.

Yunani Kuno dan Romawi keduanya mencakup wilayah Balkan. Di zaman modern, Balkan merupakan wilayah yang menjadi titik awal Perang Dunia I.

PD I dipicu saat Franz Ferdinand, pewaris tahta Austria-Hungaria, dibunuh oleh orang Serbia. Austria lantas menyatakan perang terhadap Serbia yang menyulut konflik lebih besar.


Wilayah Balkan dikenal memiliki lingkungan yang kaya. Karena memiliki iklim pegunungan yang bervariasi, wilayah ini menawarkan berbagai keanekaragaman hayati.

Sumber daya alam dari Balkan meliputi anggur, batubara, lignite, tembaga, mangan, seng, dan bauksit.

Orang Turki dan Yunani menyumbang persentase terbesar populasi wilayah ini disusul dengan Serbia dan Bulgaria.

Semua negara Balkan juga memiliki sejumlah etnis minoritas nomaden, termasuk Roma (Gipsi), Vlachs, dan Gorani.

Balkan dikenal menjadi tempat serangkaian peristiwa kekerasan dalam sejarah, termasuk penganiayaan bermotif agama selama Perang Dunia II, ketika Gereja Katolik Yunani diperintahkan bergabung dengan Gereja Ortodoks Rumania, serta penindasan minoritas tertentu, termasuk Gipsi.

Runtuhnya federasi Yugoslavia juga diingat sebagai pemicu perang panjang dan tewasnya begitu banyak warga sipil.

Pembersihan etnis yang mengiringi konflik memaksa banyak penduduk setempat meninggalkan daerah itu selama tahun 1990-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar