nobita shizuka

nobita shizuka
woow

Selasa, 10 Maret 2015

KIRIMATI (no typo)

Kepulauan Kiribati

Kiribati adalah sebuah negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik yang memiliki luas daratan 726 km.

Negara ini juga memiliki wilayah yang mencakup 33 atol yang tersebar luas hingga tiga juta kilometer persegi.


Kiribati disebut pula sebagai Kepulauan Gilbert, dengan nama Kiribati berasal dari pengucapan lokal untuk Gilbert.

Kiribati pertama kali dihuni sekitar tahun 1000 SM oleh sekelompok orang Micronesia.

Pada abad-abad berikutnya, pulau-pulau ini silih berganti dikuasai oleh orang Tonga, Samoa, dan Fiji yang secara tidak langsung mempengaruhi wilayah Kiribati dengan budaya Melanesia dan Polinesia.

Kepulauan Kiribati pertama kali ditemukan oleh orang Eropa sekitar abad ke-16, tapi kontak dengan luar tetap jarang terjadi hingga dua abad berikutnya.

Pada abad ke-18, orang Eropa mulai menggunakan daerah di Kepulauan Kiribati sebagai pangkalan penangkapan dan perdagangan ikan paus.

Inggris akhirnya menjadikan kepulauan ini sebagai wilayah protektorat. Pada awal abad ke-20, Inggris menggabungkan Kiribati dengan sejumlah kelompok pulau lain untuk membentuk British Western Pacific Territories yang diberi status sebagai koloni.


Selama Perang Dunia II, kepulauan Kiribati menjadi medan pertempuran penting dalam teater Pasifik antara Amerika Serikat dan Jepang.

Dimulai pada tahun 1960, Inggris sedikit demi sedikit mulai memberikan otonomi lebih luas kepada Kiribati hingga akhirnya Western Pacific Territories dibubarkan pada tahun 1971.

Pada tahun 1975, sekelompok pulau yang menjadi bagian dari Kiribati memisahkan diri dan menyatakan kemerdekaan sebagai Tuvalu.

Pada tahun 1977, Kiribati memiliki pemerintahan sendiri dan akhirnya merdeka pada tahun 1979.

Kiribati terus berkembang tanpa diwarnai banyak konflik serta ekonomi terus melaju. Tahun-tahun awal ditandai dengan terpilihnya kepala persemakmuran (head of commonwealth) termuda, Ieremia Tabai, yang baru berusia 29 tahun.

Beberapa tahun lalu, pulau Banaba menyatakan keinginan memisahkan diri dari Kiribati dan menjadi protektorat Fiji.

Pemerintah Kiribati merespon keinginan ini dengan memberikan Banaba sejumlah konsesi, termasuk mengembalikan tanah pemerintah di pulau tersebut dan memberikan Banaba perwakilan di legislatif.

Kiribati adalah salah satu pulau indah paling terpencil di dunia. Tidak ada atraksi yang menonjol di kepulauan itu melainkan hanya pantai, terumbu karang, dan atol. Bedanya, semua atraksi alam tersebut masih dalam keadaan murni dan asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar